Metro Times (Purworejo) Para pemuda yang tergabung dalam DPD Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Purworejo bersama pengelola Cafe Omah Londo Purworejo kompak melakukan aksi kepedulian berupa pemberian santunan dan bingkisan kepada anak yatim piatu dari berbagi desa, Kamis (28/4) sore. Selain berbagi, mereka juga mengajak para anak yatim untuk berbuka puasa bersama di Cafe Omah Londo yang disertai dengan tausiah sebagai bentuk dukungan moral.

Ketua DPD Bapera Purworejo, Imam Teguh Purnomo, melalui Sekretaris DPD, Budi Winarso, menyebut Bapera merupakan organisasi kemasyarakatan yang konsisten dengan gerakan-gerakan sosial, mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Bapera selalu fokus dalam membantu dan meringankan para anak yatim piatu, fakir miskin dan kaum dhuafa.

“Kegiatan santunan anak yatim seperti ini rutin kita gelar. Selain untuk mengisi bulan Suci Ramadan yang penuh berkah, kita ingin memberikan kemanfaatan bagi masyarakat,” sebutnya.

Dijelaskan, dalam aksi sosial kali ini ada sebanyak 25 anak yatim piatu yang menjadi penerima. Mereka berasal dari berbagai desa dan kecamatan di Kabupaten Purworejo.

“Selama Ramadan ini Bapera menyiapkan total sekitar 4.000 paket sembako atau bingkisan untuk dibagikan kepada masyarakat. Jadi secara bertahap kita beri bantuan kepada berbagai kalangan yang membutuhkan,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Bapera berbagi sekaligus menjadi bentuk dukungan moral kepada anak-anak yatim atau yatim piatu serta dhuafa. Kehadiran Bapera diharapkan dapat memotivasi mereka sekaligus menguatkan bahwa masih banyak pihak yang peduli.

“Termasuk kepada masyarakat kalangan bawah yang saat ini terdampak pandemi, kita akan terus ikut membantu. Kita tidak boleh bergantung hanya pada pemerintah. Pemerintah sudah banyak peduli tapi kita harus ikut tergerak untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Owner Cafe Omah Londo, Indah Sinungkapti, menyampaikan hal senada. Menurutnya, pemberian santunan anak yatim merupakan kegiatan rutin oleh pengelola cafe untuk meringankan beban sekaligus menjadi dukungan moral bagi mereka.

“Tiap hari-hari besar kita rutin adakan kegiatan sosial. Untuk mengisi bulan suci Ramadan kali ini kita mengundang 15 anak dari beberapa desa. Kita ajak buka bersama juga sekaligus biar terhibur dengan merasakan suasana cafe,” katanya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini