- iklan atas berita -

 

METRO TIMES (Ambon).Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, akhirnya menetapkan 4 nama untuk dilantik Gubernur Maluku, Murad Ismail, Minggu 22 Mei 2022 sebagai caretaker di Kota Ambon, Kabupaten Buru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Mereka adalah Drs. Bodwin M Wattimena, M.Si, yang saat ini menjabat Sekretaris Dewan DPRD Maluku dipercayakan sebagai Caretaker di Kota Ambon, Jalaluddin Salampessy Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Maluku sebagai caretaker di Kabupaten Buru, Daniel E. Indey, S.Sos, M.Si saat ini menjabat Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Maluku dilantik sebagai caretaker di KKT, dan Andi Chandra As’aduddin, SE, MH, saat ini menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (Kabinda) Sulawesi Tengah sebagai caretaker di SBB.

Sebagaimana diketahui masa jabatan 101 kepala daerah akan habis pada tahun 2022 ini. Dari 101 kepala daerah itu, tujuh di antaranya adalah gubernur.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Benni Irwan mengatakan, kekosongan jabatan 101 kepala daerah itu diselesaikan dengan pengangkatan penjabat kepala daerah.

ads

Hal tersebut merujuk pada UU Nomor 10 Tahun 2016 yang telah disempurnakan menjadi UU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Para penjabat gubernur, bupati, dan wali kota bertugas hingga terpilihnya kepala daerah definitif melalui Pilkada serentak 2024.

“Untuk mengisi kekosongan jabatan), diangkat penjabat gubernur, penjabat bupati, dan penjabat wali kota sampai dengan terpilihnya gubernur/wagub, bupati/wabup, serta wali kota/wakil wako melalui pemilihan serentak nasional pada tahun 2024,” kata Benni.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!