- iklan atas berita -

METRO TIMES (Namlea)-Puskesmas Lolong Buba melakukan pemeriksaan IVA ( Inspeksi Visual Asam Asetat) yang meliputi beberapa Desa yang ada di Kecamatan Lolong Guba, Kab Buru, pada Rabu, 02/11/22.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang di buka secara resmi oleh, Sekretaris Tim PKK Provinsi Maluku, Diana Padang, di Desa Wanareja, Kec Wayapo, Kabupaten Buru.

Kepala Puskesmas Lolong Guba, Suswanto S,Kep NS, saat diwawancarai awak media mengatakan.

“Ini merupakan kegiatan lanjutan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buru, yang di lakukan oleh tiap-tiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Buru.” ujar Suswanto

Lanjutnya, IVA ini sudah menjadi agenda Nasional yang pertama. dan yang kedua ditahun-tahun yang sebelumnya belum ada tenaga yang dilatih dan kebetulan menjelang pemeriksaan Kegiatan IVA ini sebelumnya ada tenaga yang diminta untuk dilatih di provinsi secara langsung.

ads

“Alhamdulillah kita sudah mengirimkan dua orang, setelah mereka selesai melaksanakan tugas, dalam hal ini mengikuti selama satu Minggu lebih yang di laksanakan di kota Ambon Provinsi Maluku.” tutur Kepala Puskesmas itu.

Suswanto juga menjelaskan bahwa, setelah keduanya kembali dari Ibu Kota Provinsi Maluku, satu minggu kemudian langsung melaksanakan kegiatan IVA secara serempak di Kabupaten Buru.

“Kebetulan target untuk kabupaten Buru Itu 1000 (Seribu) yang harus dilaksanakan Konfrensan atau bisik trending untuk pemeriksaan IVA.” ungkap Kepala Puskesmas Lolong Guba.

Katanya, karena Puskesmas Lolong Guba, bagian dari pada 11 puskesmas yang ada di kabupaten Buru. dalam hal ini Dinas Kesehatan.

“Puskesmas Lolong Guba itu bagian dari 11 Puskesmas yang ada di Kabupaten Buru, sehingga masing-masing Puskesmas itu di bebani sebanyak seratus orang yang harus dibisik trening atau dilakukan pemeriksaan IVA.” jelasnya

Selaku Kepala Puskesmas Lolong Guba, ia menandaskan dengan mengingat kepada seluruh masyarakat yang ingin mengikuti pemeriksaan IVA.

“Mengingat dengan wilayah kerja kita itu ada 11 Desa sehingga kami membebankan untuk satu desa itu untuk membawah peserta sebanyak 10 orang untuk melakukan pemeriksaan IVA.” tandas Suswanto yang merupakan Kepala Puskesmas Lolong Guba.( Erwin. Solissa )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!