- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Presiden RI Joko Widodo didampingi Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH meresmikan Terminal Tipe A Purworejo, Selasa (2/1/2024). Dalam waktu yang sama, Presiden juga meresmikan tiga Terminal Angkutan Massal Tipe A lainnya, yakni Terminal Mendolo di Wonosobo, Terminal Purboyo Madiun dan Terminal Patria Blitar.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol klakson dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi. Terminal Purworejo dibangun dengan konsep mixed-use yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Yakni penyedian area komersial bagi UMKM, pusat kuliner, pusat perbelanjaan dan gedung serba guna.

Presiden mengatakan, pembangunan sarana dan prasarana transportasi massal harus didorong. Selain mengurangi kemacetan, sarana dan prasarana transportasi massal juga akan meningkatkan konektivitas antar wilayah.

“Sekarang ini macet hampir ada di semua kota karena semua orang menggunakan kendaraan pribadi. Kota kecil pun sekarang sudah macet sehingga transportasi massal harus didorong. Tidak mudah, tetapi kita harus berani membangun sarana dan prasarana yang mendukung transportasi massal,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menyampaikan apresiasi atas pembangunan 4 (empat) terminal di Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan konsep yang lebih modern, aman, dan nyaman.

ads

“Pembangunan terminal ini akan dapat memberikan dukungan sarana dan prasarana transportasi dan meningkatkan konektivitas antar kota, antar kabupaten, antar provinsi. Mestinya, yang namanya terminal bus ya seperti ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, terminal-terminal yang direvitalisasi ini diharapkan tidak hanya menarik minat masyarakat untuk menggunakan angkutan massal antar kota dan dalam kota. Akan tetapi juga mengenalkan konsep baru terminal sebagai pusat kegiatan masyarakat terutama UMKM.

“Terminal tipe A yang baru saja diresmikan juga berfungsi sebagai wadah kegiatan-kegiatan sosial dan seni budaya bagi masyarakat. Di terminal Purworejo ini dapat dilihat di lantai satu telah difungsikan sebagai ruang pamer kerajinan masyarakat bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas),” papar Menhub.

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengungkapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah Pusat, yang telah membangun terminal tipe A di Kabupaten Purworejo. Menurutnya, keberadaan terminal ini sangat penting dan strategis, mengingat Kabupaten Purworejo merupakan persimpangan jalur lalu lintas utama Pulau Jawa.

“Mudah-mudahan dengan adanya terminal ini, akan semakin mempermudah akses transportasi, sekaligus mendongkrak laju pertumbuhan daerah, ” harapnya.

Terminal Purworejo dibangun dengan biaya senilai Rp 35 miliar yang berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Terminal ini memiliki luas 12.315 m² dan luas bangunan 2.378,1 m², serta melayani 615 penumpang dengan total 105 bus per hari.

Pembangunan dan revitalisasi Terminal Tipe A di berbagai wilayah menjadi program prioritas Kemenhub dalam rangka memperbaiki layanan angkutan bus antar kota antar provinsi maupun dalam provinsi (AKAP/AKDP). Dalam rentang waktu 2014 s.d. 2023, telah dilakukan pembangunan terminal baru di 5 lokasi dan rehabilitasi/revitalisasi terminal di 75 lokasi.

Revitalisasi terminal akan meningkatkan keselamatan, keamanan, dan pelayanan sehingga masyarakat semakin nyaman menggunakan bus sebagai angkutan umum. Selain menjadi tempat pelayanan transportasi darat, terminal juga diharapkan memberikan dukungan pada peningkatan ekonomi UMKM yang terlibat di dalamnya.

Dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo hadir bersama Ibu Iriana Joko Widodo. Hadir pula dalam peresmian tersebut, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, bupati/walikota dan pejabat terkait. dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!