- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kabupaten Purworejo kembali berada di level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), setelah sekitar sepekan terakhir di posisi level 2. Penetapan level 1 PPKM Kabupaten Purworejo didasari dengan terbitnya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 06 Tahun 2022 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali per tanggal 31 Januari 2022.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kabid Pelayanan Kesehatan dan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo, dr Budi Susanti MSc, Rabu (2/2).

“Penetapan level 1 berlaku mulai dari Selasa – Senin (1 – 7 Februari 2022) mendatang,” katanya.
Berdasarkan data Inmedagri tersebut, lanjutnya, terdapat di 12 kabupaten/kota lain di Jawa Tengah yang berada pada level 1 PPKM. Menurutnya, Kabupaten Purworejo mampu turun ke level 1 setelah melakukan berbagai upaya.

“Antara lain dengan tracing dan menginput temuan positif secara langsung pada aplikasi dalam waktu 24 jam,” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa jumlah posistif covid-19 di Kabupaten Purworejo sampai dengan hari ini sebanyak 45 orang. Sebanyak 5 orang dalam perawatan isolasi di rumah sakit dan 40 isolasi mandiri 40. Dari jumlah itu, 7 orang terindikasi probable omicron.

ads

“Nantinya akan dilakukan isolasi terpusat (Isoter) di Rumah sakit Tjokronegoro, agar yang positif tidak cepat menular,” jelasnya.
Menurutnya, kasus covid-19 di Kabupaten Purworejo terus bertambah. Bahkan, saat ini sudah memasuki gelombang ke-3 yang diprediksi puncaknya 1 hingga 2 bulan ke depan.

“Gelombang ke 3 ini akan bisa diminimalkan, jika tingkat kepatuhan masyarakat tinggi, dengan menerapkan 3 M. Setiap berkegiatan harus memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Tapi kalau abai 3 M, maka akan lebih cepat penularan covid-19,” tandas dokter Santi. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!