- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Sebanyak 1.069 Bintara TNI AL berubah atau nik Strata menjadi perwira dengan pangkat Letnan Dua, usai dilantik dan diambil sumpah mereka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam upacara militer Prasetya Perwira (Praspa) yang dilaksanakan di Lapangan Laut Maluku, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Bumimoro Surabaya, Jumat (21/10).

Para perwira baru tersebut adalah lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) angkatan LII, dan lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktupakat) TNI AL angkatan II TA 2022.

Dalam Upacara Prasetya Perwira tersebut juga dihadiri para pejabat Utama Mabesal, Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, para Direktur, Komandan Kodik dan para Pangkotama TNI AL wilayah Surabaya. Selain itu hadir pula Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Etta Suhartono.

Ke-1.069 orang siswa ini terdiri 684 siswa Diktukpa Angkatan LII dengan rincian 131 orang Siswa Korps Pelaut, 91 orang siswa Korps Teknik, 49 orang siswa Korps Elektronika, 99 orang Korps Suplai, 61 orang Korps Kesehatan, 38 orang Korps Pomal, 38 orang Korps Khusus Umum, 44 orang Korps Khusus Informatika, dan 133 orang siswa Korps Marinir.

ads

Sedangkan 385 orang sisanya merupakan siswa Diktupakat Angkatan II TA 2022 dengan rincian 144 orang Siswa Korps Pelaut, 55 orang siswa Korps Teknik, 27 orang Korps Elektronika, 36 orang Korps Suplai, 18 orang Korps Kesehatan, 26 orang Korps Pomal, 10 orang Korps Khusus Umum, 7 orang Korps Khusus Informatika, dan 62 orang siswa Korps Marinir.

Para perwira yang berasal dari Bintara reguler ini, sebelumnya telah menjalani upacara penutupan pendidikan di Gedung E.H Thomas, yang dipimpin Dankodiklatal. Dalam acara tersebut, selain penyerahan medali Jala Wira Adhiguna kepada lulusan terbaik, juga diserahkan ijazah kepada seluruh lulusan oleh Dankodiklatal. Untuk lulusan terbaik Diktukpa atas nama Letda Laut (S) Habib Arianto, sedangkan terbaik Diktupakat atas nama Letda Marinir Alim Mustofa.

Sementara itu Kasal Laksamana TNI Yudo Margono , dalam sambutannya menegaskan bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian esensial dari pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Laut. Salah satu upaya pembangunan SDM tersebut yakni melalui Pendidikan Perwira.

” Pendidikan Perwira merupakan investasi SDM jangka panjang yang akan menentukan kelangsungan dan kemajuan organisasi TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu pembangunan SDM merupakan bagian yang sangat penting dalam mewujudkan pembangunan kekuatan TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh, ” tegas Laksamana TNI Yudo Margono.

Lebih lanjut Kasal mengatakan, perubahan Strata dari Bintara menjadi Perwira harus disertai dengan perubahan pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang mencerminkan sikap serta postur sebagai seorang perwira TNI Angkatan Laut.

“Dengan demikian, status strata keperwiraan para perwira remaja semua tidak hanya terlihat dari pangkat yang disandang di bahu para perwira sekalian, namun dari karakter yang tertanam di dalam diri dan tampak dari perilaku keseharian, “tegas Kasal. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!