10 Desa di Kendal Dapat Bantuan Rumah Destilasi Minyak Atsiri Dari Astra

0
842
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Sepuluh desa di Kabupaten Kendal, yakni 7 desa di Kecamatan Sukorejo dan 3 desa di Kecamatan Patean mendapatkan bantuan rumah destilasi penyulingan minyak atsiri dari Astra.

Pemberian bantuan dilakukan dalam acara Seremoni Donasi Bantuan dan Penandatanganan Kesepakatan Produk Unggulan Desa Sejahtera Astra Kabupaten Kendal Jawa Tengah, di Desa Ngargosari Sukorejo, rabu (4/12/2019).

Deputy Division Head of Enviroment and Social Responbility Astra, Diah Suron Febriyanti mengatakan bahwa, progam pembinaan yang dilakukan Astra untuk bantuan pembinaan Desa Sejahtera Astra dimulai sejak bulan Juli 2019.

“Kami memulai progam ini bekerjasama dengan CV Nares yang menyerap produk dari minyak atsiri,” katanya.

ads

Saat ini produk minyak atsiri sendiri sudah dipasarkan ke beberapa benua, diantaranya benua Amerika dan Eropa. Selain itu juga dipasarkan ke negara Jepang.

Kebutuhan dari pasar yang tinggi, diharapkan Diah dapat ditangkap dengan baik untuk meningkatkan jumlah produksi minyak atsiri dalam negeri.

“Kita berharap petani mampu menangkap peluang yang dampaknya bisa meningkatkan kesejahteraan ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menuturkan bahwa, awalnya hanya ada 100 petani yang mengumpulkan minyak Atsiri dan saat ini selang 6 bulan berjalan jumlahnya sudah menjadi 3000 petani.

“Awalnya petani penghasilannya hanya Rp 1 juta perbulan, sekarang sudah bisa sampai Rp 4 juta perbulan,” terangnya.

Di sepuluh desa tersebut, Astra selain memberikan bantuan rumah destilasi juga mendampingi dan memberikan pelatihan kepada para petani.

“Kami berharap Pemda Kendal mendukung program ini untuk berkelanjutan melalui pembudidayaan cengkeh dan serai wangi,” kata Diah.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, progam yang telah digagas sejak tahun 2016 bersama dengan konsultan dari belanda dapat dimaksimalkan dengan baik oleh petani.

“Progam agar cengkeh dan serai tidak jadi barang mubazir sudah kita capai dan harganya pun melambung tinggi,” katanya.

Ia mengajak petani agar dapat memaksimalkan hal ini agar dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!