- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider (MR) 412/BES Purworejo berkomitmen menguatkan jalinan sinegitas dengan awak media massa dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas-tugas yang menyangkut kepentingan negara maupun masyarakat secara luas. Komitmen tersebut diwujudkan melalui program bernama Selaras yang mengandung makna adanya keselarasan atau sinergitas antara Yonif MR 412/BES Purworejo dengan para wartawan.

Kegiatan perdana Selaras diawali dengan silaturahmi yang dikemas dalam acara santai coffee morning di batalyon setempat, Kamis (31/12). Komandan Yonif (Danyon) MR 412/BES Purworejo, Mayor Inf Mochammad Renaldy Herbowo SSos MSi hadir langsung bersama sejumlah perwira untuk berbincang sekaligus menggalang masukan dari 35-an wartawan berbagai media yang tergabung dalam Pewarta Purworejo.

“Di penghujung tahun ini, saya ingin menciptakan keselarasan dengan teman-teman wartawan,” kata Mayor Inf Mochammad Renaldy.

Menurutnya, selaras dalam bahasa militer itu berarti se adalah satu dan laras adalah senjata. Maknanya, untuk sebuah ketepatan hanya dibutuhkan satu laras.

ads

“Tapi dalam media, makna dari Selaras yang saya inginkan adalah kita bisa selaras atau sejajar,” sebutnya.

Keselarasan itu, lanjutnya, meliputi banyak hal. Namun, hal yang paling utama yakni terkait arus informasi akurat, baik keluar maupun masuk.

“Teman-teman wartawan dan masyarakat di luar mungkin butuh informasi dari kami, sebaliknya kami pun membutuhkan informasi luar dan yang paling cepat serta dapat dipercaya itu media Misalnya dalam konteks musim hujan seperti sekarang ini, biasanya rawan terjadi bencana longsor dan banjir,” jelasnya.

Danyon menyatakan bahwa Yonif 412 sebagai satuan militer terbesar di Purworejo apabila digerakkan memiliki pasukan terbanyak dan memiliki tingkat kesiapan,. Namun, pihaknya mengakui bahwa pihaknya memiliki keterbatasan mata dan telinga.

“Saya sangat berharap kerja sama media supaya kami siap membantu masyarakat,” ungkapnya.

Pada bagian lain, Danyon menginformasikan bahwa sekitar pertengahan tahun 2021 mendatang, Satuan 412 juga siap untuk ditugaskan dalam OPS maupun OMSP. Pada saatnya nanti, tidak menutup kemungkinan peran media di Purworejo akan sangat dibutuhkan.

“Tentunya kami butuh awak media. Harapan besar saya dengan adanya Selaras ini nantinya ada media center,” lanjutnya.

Sementara itu, hingga saat ini latihan persiapan operasi terus dilakukan oleh para prajurit yang akan diterjunkan. Diakui, latihan di tengah pandemi Covid-19 butuh kewaspadaan lebih. Apalagi pada awal Desember lalu, beberapa prajurit terkonfirmasi positif usai menjalani latihan gabungan.

“Ada beberapa orang dari kita dan 1 orang luar 412 yang menjalani swab dan hasilnya positif. Berikutnya ada susulan swab lagi untuk orang-orang yang punya risiko dan ada tambahan 1,” sebutnya.

Menyikapi kondisi saat itu, Danyon mengaku bergerak cepat melakukan langkah-langkah penanganan dan mencegah meluasnya penularan. Salah satunya dengan program 3More, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun, olahraga, serta refreshing.

Prajurit yang terpapar Covid juga langsung difasilitasi ruang dan rumah karantina di dalam batalyon, lengkap dengan fasilitas, sarana olahraga, serta sanitasi yang memadai. Setelah menjalani karantina 18 hari, seluruhnya dinyatakan sembuh dan sehat.

“Saya pastikan semuanya yang terpapar covid, saat ini sudah sembuh seratus persen. Untuk latihan-latihan berikutnya kita tetap lebih waspada, tetapi potensi untuk kembali tertular lebih minim karena sudah tidak ada lagi latihan gabungan dengan luar batalyon,” tegasnya. (DNL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!