- iklan atas berita -

Metro Times (Kab. Natuna, Kepri) Peran seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) di tengah Pandemi covid-19 tidak mengurangi semangatnya untuk tetap melaksanakan kegiatan gotong royong bersama warga desa binaannya. Itulah yang dilakukan Serda Muchadlir Babinsa Koramil 03/Sedanau Kodim 0318/Natuna yang bertepatan di Desa Gunung Putri Kecamatan Bunguran Utara Kab. Natuna, Sabtu (12/12).

Selain tugas monitoring pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah desa binaannya, Babinsa juga membantu pelaksanaan kegiatan gotong royong membersikan jalan keluar masuk desa dan di seputaran Masjid Hikmatul Huda Desa Gunung Putri.

“Gotong royong inilah yang menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan dan kehadiran TNI selaku Babinsa, setidaknya bisa menghiasi berbagai kegiatan yang dilakukan di desa,” terang Serda Muclhadir.

Upaya-upaya pembersihan jalan keluar masuk di desa ini dan di seputaran Masjid Hikmatul Huda sangat diperlukan guna menjadikan jalan desa lebih bersih dan nyaman di pandang .

“Saya menekankan untuk menjaga kebersihan karena dengan lingkungan yang bersih akan mencipatakan suasana kehidupan sosial yang sehat di tengah masa pandemi covid-19 seperti saat ini,” tambahnya.

ads

Di tempat terpisah, Dandim Letkol Arm Asep Ridwan, SH. M.Han mengatakan, kegiatan gotong-royong yang dilakukan oleh prajurit bersama masyarakat bukti nyata partisipasi aktif seluruh komponen bangsa dan masyarakat dalam menjaga serta merawat lingkungan.

Maka dari itu, Dandim berharap kegiatan seperti ini terus dilanjutkan dan bahkan dikembangkan secara maksimal. Dengan begitu sambung Dandim Natuna, jalan keluar masuk desa dan di seputaran tempat ibadah dapat selalu dijaga dan dirawat kebersihannya sehingga menjadi contoh bagi element masyarakat lain untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

“Gotong royong juga membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta dalam rangka meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungan serta hidup sehat,” jelas Dandim.

Lanjut Dandim kegiatan ini merupakan kebijakan dari Pangdam 1 Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P. yang disampaikan secara lisan kepada Danrem 003/WP Brigjend TNI Harnoto,S.Sos, bahwa sebagai aparat teritorial, Babinsa harus bisa bekerja sama dan saling mendukung antara instansi lain, untuk mencapai suatu kemajuan di daerah binaan, sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI dengan Rakyat. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!