- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Hujan disertai angin kencang yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Purworejo dalam beberapa hari terakhir menyebabkan banyak kerusakan jaringan listrik akibat tertimpa pohon.

Guna mengantisipasi kejadian serupa, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan dan kesadarannya untuk merabas pohon yang berada di dekat jaringan atau kabel listrik.

Data dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Purworejo menyebutkan, sejak intensitas hujan meningkat disertai angin kencang, terdapat ratusan kasus kerusakan jaringan yang disebabkan faktor pohon.

“Untuk yang satu jalur ada 40 lokasi, sedangkan untuk individu atau pelanggan rumahan yang sudah terselesaikan sekitar 130 dan yang belum terselesaikan sekitar 30, “ kata Agus Handayani, Koordinator Teknik PLN Rayon Purworejo saat dikonfirmasi, Senin (22/1).

ads

Menurut Agus, hingga saat ini kerusakan jaringan akibat faktor alam berupa pohon menjadi gangguan paling dominan di Kabupaten Purworejo. Bahkan, jika dipersentase mencapai 70 persen.
Kerapnya terjadi korsleting akibat faktor pohon menjadikan pihak PLN gencar melakukan perabasan, baik pohon milik pemerintah maupun warga. Selain itu, PLN melalui rayon setempat juga rutin melakukan inspeksi sebagai langkah preventif.

“Kami berharap masyarakat memperbolehkan pohon yang berada dekat jaringan untuk dirabas atau ditebang dengan jarak 3 meter dari jaringan. Masyarakat juga bisa aktif menginformasikan jika mendapati adanya ranting pohon yang menempel pada jaringan dan berpotensi menyebabkan gangguan,” ungkapnya.

Masyarakat juga diminta meningkatkan kesadarannya untuk secara mandiri melakukan perabasan jika mendapati pohon yang berpotensi merusak jaringan. Jika membutuhkan bantuan, dapat menghubungi PLN.

“Kita akan membantu, termasuk untuk melakukan pemadaman listrik agar aman saat melakukan perabasan,” jelasnya.

Lebih lanjut Agus menghimbau kepada masyarakat agar waspada jika mendapati kerusakan jaringan, seperti tiang listrik roboh dan kabel putuh. Segera hubungi PLN untuk melakukan penanganan.

“Apabila ada kerusakan jaringan mohon jangan memegang kawat atau penghantar listrik tersebut sebelum memastikan listrik padam. Lebih tepatnya serahkan ke PLN yang menangani,” tandasnya.

Salah satu kerusakan jaringan listrik akibat tertimpa pohon terjadi di wilayah RT 02 RW 02 Kelurahan Kledung Karangdalam Kecamatan Banyuurip pada Senin (22/1) sore. Pohon di depan rumah warga, Wahyono, tumbang saat hujan deras dan menimpa kabel hingga listrik padam.

Kejadian tersebut pun dilaporkan kepada PLN Rayon Purworejo dan langsung ditindaklanjuti.
“Kami berterima kasih atas penanganan yang cepat dari PLN,” kata Wahyono. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!