- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H di tengah masa pandemi Virus Corona (Covid-19) yang belum berakhir, Yonarmed 11 Kostrad menyerahkan zakat fitrah kepada masyarakat kurang mampu di sekitaran Batalyon Armed 11 Kostrad, Kamis (06/05).

Zakat fitrah dari anggota Yonarmed 11 Kostrad itu diberikan kepada para mustahik/penerima zakat diantaranya kepada penghuni panti asuhan PAY Ngganten, panti asuhan Ar Tahman Kramat, Pesantren Hidayatullah Tegalsari jembawangu, Masjid Baitul Nur Ngentak, Mushola Baitul Mukmin Ngentak, Panti jompo, penyandang cacat, kaum musafir serta duafa masing masing mendapatkan beras 100 kg.

Tujuan yang dilakukan oleh prajurit Yonarmed 11 kostrad ini adalah untuk membersihkan diri dalam menyambut hari yang fitri setelah selama sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Cara membayar zakat fitrah menurut Islam adalah dengan mengeluarkan 3,5 liter atau 2,5 kilogram bahan makananan pokok seperti beras, kurma, tepung dan sebagainya. Karena di Indonesia umumnya beras adalah makanan pokok sehingga banyak masyarakat Indonesia yang membayar zakat dengan beras.

Sementara itu, Letkol Arm Adin Suroyo, S.Sos , selaku Danyonarmed 11 Kostrad mengatakan, bahwa di akhir Bulan Suci Ramadhan ini seperti biasanya Ummat Muslim khususnya Anggota Yonarmed 11 Kostrad melaksanakan rukun islam yang ke 3 yaitu membayar zakat setiap tahunnya.

“Saya mengharapkan pemberian ini hendaknya jangan dilihat atau dinilai dari besar kecilnya, akan tetapi keikhlasan para prajurit serta keluarga yang telah mengumpulkan zakat fitrah ini untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya, semoga dapat meringankan beban dan mendapatkan berkah untuk semuanya,” ungkapnya.

ads

Di sisi lain, Panglima Divif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad, S.H menyampaikan secara lisan kepada Danmenarmed 1 Kostrad Kolonel Arm Sumanto, S.Sos., M.M, bahwa prajurit dan keluarga wajib mengeluarkan sedikit hartanya dengan membayar zakat fitrah kepada para mustahik/penerima zakat, dengan demikian seluruh prajurit bisa menyambut hari kemenangan dengan hati yang bersih dan penuh kegembiraan. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!