- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kini warga Kabupaten Purworejo yang meliputi Kecamatan Pituruh, Kecamatan Bener, tidak perlu harus jauh – jauh ke Kota Purworejo untuk mengurus surat kendaraan bermotor. Karena, kini kantor Samsat online sudah berdiri didua Kecamatan tersebut. Samsat paten Kecamatan Pituruh dan Kecamatan Bener ini, merupakan Samsat paten yang ke-3 di Kabupaten Purworejo.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE.MM. menuturkan, Samsat Paten yang ada di Kecamatan Puturuh dan Kecamatan Bener ini, bagian inovasi dari Samsat untuk layanan jemput bola. Dan memang dihadirkan untuk lebih mendekatkan para wajib pajak yang berada di wilayah Pedesaan Kecamatan Pituruh dan Kecamatan Bener. Dengan harapan mereka lebih dekat dan lebih mudah untuk mengurus surat kendaraan.

Biasanya warga harus menunggu Samsat mobil keliling setiap hari Kamis untuk bayar pajak, jika harus ke Kota Purworejo membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Kini warga sudah bisa membayar pajak tanpa harus mengantri lama dan menempuh perjalanan jauh ke kota, hanya butuh waktu 5 menit sudah selesai”. Ungkap Bupati, dalam acara grand launching Samsat Paten di kantor Kecamatan Pituruh, Rabu (24/1/18) tadi pagi.

Program kerja sama antara Kabupaten Purworejo, Samsat Purworejo dengan Badan Pelayanan Pendapatan Daerah (BPPD) Jawa Tengah, Polres Purworejo, melalui Kecamatan Pituruh dan Kecamatan Bener ini, hadir dalam kesempatan itu Bupati Purworejo Agus Bastian SE.MM, Wakil Bupati Purworejo Yulihastuti, Ketua BPPD Jawa Tengah Dr. Ir. Ikhwan Sudrajat, Dandim 0708 Purworejo, atau yang mewakili, Danyonif 412 Purworejo, Iman Widhiarto, S,T, Kapolres Purworejo atau yang mewakili, Camat Pituruh, Siti Choiriyah alias Cica, Muspika Kecamatan Pituruh, Forkopimda, dan Kades Se-Kecamatan Pituruh.

ads

“Rencana kedepan Samsat Paten juga akan ditambah lagi yaitu di Kecamatan Bruno” katanya.

Dikatakan, dengan pelayanan yang mudah, transparan, akuntabel dan cepat, maka akan meningkatkan kesadaran warga dalam pembayaran wajib pajak kendaraan. Yang tentunya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jelas Bupati.

Kepala BPPD Jawa Tengah Dr. Ir. Ikhwan Sudrajat, mengatakan, terbentuknya Samsat Paten di Kecamatan Pituruh dan Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo ini, berkat apresiasi dari Bupati Purworejo dan Camat setempat terhadap antusiasme warganya dalam ketaatan membayar pajak kendaraan.

“Pituruh kami nilai sebagai jalur potensial, karena daerah ini merupakan titik pertemuan dari beberapa Kecamatan yang dekat seperti Kecamatan Butuh, Kecamatan Kemiri, Kecamatan Bruno. Dan juga dekat dengan perbatasan wilayah Kebumen sehingga tepat jika Samsat Paten berada disini,” kata Ikhwan.

Perbandingan antara Samsat keliling dengan Samsat Paten ini porsinya 18-20 persen. Contoh, kalau setahun PKP nya ada 5 miliyar, berarti 18-20 persennya berasal dari Samsat keliling dan pelayanan Samsat Paten. “Untuk Samsat keliling tetap jalan terus, bahkan akan kita perbanyak lagi untuk armadanya”. Kata Ikhwan. (Daniel).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!