- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pengurus Karang Taruna Kabupaten Purworejo Periode Tahun 2019-2024 menjalani pelantikan di Ruang Arahiwang kompleks Kantor Bupati Purworejo, Kamis (31/10). Prosesi pelantikan serta pengambilan sumpah/janji pengurus dilakukan oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM.

Sekitar 40 pengurus yang dilantik diketuai oleh Slamet Supriyanto. Dalam menjalankan roda organisasi 5 tahun ke depan, Slamet bakal dibantu oleh Endro Sadewo sebagai sekretaris dan Beliando Lutfi sebagai bendahara.

Bupati Purworejo Agus Bastian dalam sambutannya mengungkapkan, keberadaan Karang Taruna sangat penting mengingat Karang taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat. Khususnya generasi muda di wilayah desa kelurahan. Karang Taruna didirikan dengan tujuan antara lain terwujudnya Kesejahteraan Sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di Desa dan Kelurahan.

“Terutama dalam pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial di lingkungannya. Untuk dapat meningkatkan potensi dan peran aktifnya maka diperlukan upaya koordinasi, komunikasi dan kerjasama antar karang taruna. Juga kerjasama dengan pemerintah kabupaten selaku pembina fungsional, sehingga apa yang kita kerjakan kedepan dapat seiring dan sejalan dalam membangun masyarakat yang sejahtera dan mulyo,” ungkapnya.

ads

Menurutnya, keberadaan Karang Taruna penting untuk mempersatukan generasi muda dalam meningkatkan kualitas anggota karang taruna di Kabupaten Purworejo. Selain itu, untuk mengidentifikasi permasalahan kesejahteraan sosial remaja di desa kelurahan, yang kemudian bekerja sama dengan Pemerintah kabupaten dalam solusi penanganannya.

“Semoga Karang Taruna Kabupaten Purworejo yang dipimpin oleh tokoh muda ini bisa lebih baik. Setelah pelantikan ini, segera melangkah dan susun program. Program tidak harus yang muluk-muluk,” tegasnya.

Sementara itu, Slamet Supriyanto saat dikonfirmasi usai pelantikan mengaku siap mengemban tugas selama 5 tahun ke depan. Pasca pelantikan, program yang menjadi prioritas pengurus kabupaten antara lain menata serta memberdayakan kepengurusan tingkat kecamatan hingga desa.

“Prioritas terdekat mulai dari menata kepengurusan di tingkat kecamatan,” ungkapnya.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan kegiatan penataran lembaga oleh Pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Tengah, Ulil Amri. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!