- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Wabah virus corona COVID-19 di seluruh dunia telah menyebabkan kelangkaan masker untuk melindungi wajah. Selama kekurangan itu, Tauna/Taruni Akademi Militer (Akmil) harus menggunakan masker buatan sendiri sebagai upaya terakhir ketika tidak ada peralatan pelindung yang tersedia.

“Masker buatan sendiri menawarkan perlindungan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan masker bedah dan respirator N95. Namun, masker buatan sendiri lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali,” kata Letkol Inf Donan Wahyu Sejati S.Sos, selaku Danyon Wreda Akmil, Kamis (9/4).

“Tetapi masker kain benar-benar membantu saat ini dengan kekurangan yang terjadi. Masker kain membantu menjaga area wajah bersih, jadi itu lebih baik daripada tidak memakai apa-apa,” tambah Letkol Inf Donan Wahyu.

Taruna dan Taruni praktik membuat masker dari kain yang di buat di kantor Peralatan (Pal) Akmil. Berikut ini cara membuat masker sendiri untuk mencegah penyabaran virus corona.

Bahan: Kain, seperti katun, waslap atau kain mikrofiber Pita elastis atau dua ikatan rambut Gunting dan Mesin jahit.

ads

Langkah langkah pembuatan, mulailah dengan 2 persegi panjang kain ukuran 12 inci (sekitar 30 cm) x 6 inci (sekitar 15cm) atau 11 inci (sekitar 27 cm) x 5 inci (sekitar 5cm) untuk kepala yang lebih kecil. Ukuran bisa juga disesuaikan dengan masing-masing wajah.

Kemudian, Jahit lapisan-lapisannya menjadi satu, lalu jahit tepi bawah dan tutup. Kemudian lipat lebih dari satu sisi, dan gunakan ikat rambut biasa atau potongan elastis, mulailah menjahit kain sehingga bagian elastis berada di dalam lipatan.

Selanjutnya, tarik kencang tali elastis dan jahit sisa lipatan. Ulangi di sisi lain. Pastikan untuk melakukan backstitch (menjahit beberapa kali) di awal dan akhir jahitan, karena tali elastis akan menarik di titik-titik tersebut. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!