- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pemilu serentak 2024 telah usai dan setiap partai saat ini sudah bisa menghitung perolehan kursi masing-masing di gedung legislatif. Setelah Pemilu, seluruh mata kini tertuju pada pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dihelat pada 27 November mendatang.

Di Kabupaten Purworejo sudah ada sejumlah nama tokoh yang digadang-gadang siap maju bertarung pada pemilihan bupati dan wakil bupati nanti. Dengan perolehan kursi partai di DPRD Purworejo tentu akan membuat mereka semakin percaya diri menyongsong Pilkada.

Tokoh pertama ada Dion Agasi Setiabudi. Dia adalah Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia atau PDI Perjuangan yang kini masih menjabat Ketua DPRD Purworejo. Kesiapanya untuk maju bertarung pada Pilbup sudah terkonfirmasi meski DPP PDI Perjuangan belum mengeluarkan rekomendasi.

Sebagaimana diketahui pada Pemilu serentak 14 Februari lalu PDI Perjuangan memperoleh 9 kursi di DPRD Purworejo. Hal itu membuat sang banteng semakin kuat dan memiliki tiket penuh untuk mencalonkan pasangan bupati dan wakil bupati pada Pilkada tanpa harus berkoalisi.

Tokoh berikutnya ada Yuli Hastuti. Dia merupakan perempuan pertama yang kini menjabat bupati Purworejo. Di kepartaian, saat ia pun masih aktif sebagai Ketua Umum DPD Partai Golkar Kabupaten Purworejo.

ads

Belum ada konfirmasi resmi dari Yuli Hastuti terkait kesiapanya untuk maju sebagai calon bupati pada Pilkada nanti. Namun namanya cukup santer yang digadang merupakan bakal calon terkuat yang akan didorong Golkar bertarung di Pilkada.

Pada Pemilu lalu Golkar berada pada posisi runner up dalam perolehan kursi di DPRD Purworejo. Dengan 8 kursi yang diperoleh Golkar tentu masih membutuhkan dukungan dari partai lain untuk berkoalisi.

Berikutnya ada Yophi Prabowo. Ketua DPC Partai Demokrat ini pun sudah terkonfirmasi siap untuk maju sebagai calon bupati Purworejo. Saat ini dia masih menjabat sebagai wakil ketua DPRD Purworejo.

Pada Pemilu lalu Demokrat berhasil meraup tujuh kursi di DPRD Purworejo. Kendati masih membutuhkan koalisi dengan partai lain, partai Demokrat sudah berkomintmen untuk mendorong Yophi Prabowo maju pada Pilbup.

Tokoh keempat muncul nama Fran Suharmadji. Dia adalah Ketua Umum DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Purworejo. Saat ini dia masih menjabat sebagai wakil ketua DPRD Purworejo.

Belum ada konfirmasi dari Fran Suharmadji terkait kesiapanya untuk maju sebagai calon bupati pada Pilbup mendatang. Namun, dorongan dari para kader dan fungsionaris PKB dikabarkan cukup kuat.

Pada Pemilu lalu PKB memperoleh enam kursi di DPRD Purworejo. Dalam perolehan kursi PKB berada pada urutan ke empat setelah PDI Perjuangan, Golkar, dan Partai Demokrat. Partai besutan Abdurrahman Wahid ini tentu harus berkoalisi dengan partai lain untuk maju bertarung pada Pilkada.

Tokoh selanjutnya yang juga tak kalah santer menjadi perbincangan publik untuk maju sebagai bakal calon bupati Purworejo adalah Muhammad Abdullah. Dia adalah Ketua Bapilu DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Purworejo dan saat ini Abdullah masih aktif sebagai anggota DPRD Purworejo.

Belum ada konfirmasi resmi terkait kesiapanya untuk maju bertarung sebagai calon bupati Purworejo. Namun, spanduk fotonya sudah terpasang di banyak tempat yang seakan menjadi penanda bahwa diri siap untuk maju bertarung pada Pilkada.

Terkait Pilbup Purworejo, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memulai tahapan awal Pilkada. Pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati akan dilaksanakan pada Agustus 2024.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!