- iklan atas berita -

 

Metro Times (Magelang) Usia boleh tua, namun stamina dan semangatnya tidak kalah dengan yang muda-muda. Siapa lagi kalau bukan Triyudo Purwoko, atau biasa dipanggil Mbah Pur. Di usia yang sudah menginjak 72 tahun ini, namun aksinya di kemanusiaan patut menjadi contoh dan teladan bagi kaum muda.

Mbah Pur, yang menggawangi LEMTID Band atau Lembah Tidar Band, band khusus tembang kenangan yang sudah malang melintang di stasiun televisi ini, mendedikasikan hidupnya untuk kemanusiaan.

Tidak hanya hobby musik saja, namun juga olah raga, pecinta seni lukis dan seni pahat ini, selama enam (6) tahun belakangan ini juga aktif terjun di dunia kemanusiaan. Dan kemanusian disini ialah, dirinya sering membagi-bagikan bibit buah atau pohon durian kepada para warga masyarakat, dengan harapan bisa membantu perekonomian warga masyarakat yang lain.

Ketika disinggung kenapa bibit buah atau pohon durian yang dibagi-bagikan kepada warga masyarakat, dirinya mengatakan kalau buah durian adalah buah primadona dan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Jadi, besar harapan kalau bibit buah atau pohon yang dibagi-bagikan itu sudah mulai berbuah atau sudah panen, akan membantu dan menambah perekonomian para warga masyarakat itu sendiri.

ads

“Saya membantu dengan ikhlas dan tidak mengharapkan apapun dan itu murni dari hati. Semoga hidupku bisa berguna untuk orang lain” terangnya.

Menurutnya, masih menurut Mbah Pur, pohon durian itu berbuah ketika sudah berumur lima (5) tahun, dan panennya setiap tahun bertambah dan bertambah terus. Seandainya sudah panen, misal tiap panen satu (1) pohonnya ada 25 buah, dan mempunyai 100 pohon, tinggal dikalikan saja 25 buah × 100 pohon = 2.500 buah durian. Dan per duriannya harga jualnya Rp 40.000,- bisa dihitung jumlahnya adalah Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah). Jadi, bukan cuma lumayan saja kan penghasilannya, tinggal semuanya dirawat dengan baik.

“Usia saya sudah MPP (Mati Pelan Pelan), jadi di usia yang sudah tidak muda lagi, saya ingin berbagi dengan orang lain, selagi saya masih bisa berbagi” tambah Mbah Pur dengan sedikit tersenyum.

Menurut mitra Mbah Pur yaitu Gunawan (petugas Dinas Pertanian dan pendamping Mbah Pur dalam menanam bibit buah atau pohon durian) mengatakan, selama enam (6) tahun ini, Mbah Pur sudah membagi-bagikan sebanyak 9.000 bibit buah atau pohon durian, dan bukan hanya di wilayah Magelang saja, namun juga di wilayah Desa Purwosari, Grobogan, Purwodadi. Dan Minggu besok (03 Februari 2019), Mbah Pur juga akan membagikan bibit buah atau pohon durian dan alpokat ke Banyusidi Pakis Kabupaten Magelang.

Dengan bertekad ingin mengangkat perekonomian perdesaan, dirinya tetap berkomitmen membantu untuk kemanusiaan sampai hari ini. Ditambah Sang Isteri yang mendukung dengan niatnya, dirinya semakin menjadi bertambah bersemangat dalam membantu untuk sesama. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!